TipsMotifasi

Sebelum Setengah Abad

  • ok

cobaduluPertambahan usia menunjukkan berkurangnya jatah Anda hidup di dunia. Sebelum waktu semakin merambat senja, segera lakukan aneka hal yang memperkaya hidup Anda.

Jumlah usia tidak selamanya sebanding dengan pengalaman hidup. Tengok kembali kehidupan Anda. Sudahkan kehadiran Anda bermakna bagi orang-orang sekitar? Sudahkah seluruh keinginan Anda terpenuhi? Dan benarkah pengalaman Anda telah lengkap? Jika belum, mungkin ide-ide berikut dapat menggugah Anda untuk segera bergerak sebelum terlambat.

MEWARISKAN ILMU BERHARGA

Cara menyetrika pakaian yang benar, mengikat tali sepatu, memperlakukan kain sutra, mencampur bumbu masak, hingga mengendarai mobil adalah hal-hal sederhana yang dilakukan sehari-hari. Anda memperoleh keterampilan tersebut dengan mempelajarinya dari orangtua atau seseorang yang lebih senior dari Anda. Kini giliran Anda meneruskannya pada generasi berikut, putra putri Anda. Kelak Anda akan membukakan pintu dan mendapati cucu Anda mengirimkan olahan resep keluarga buatannya sendiri. Tak hanya untuk keluarga, wariskan ilmu yang Anda miliki pada orang lain, dan rasakan kehadiran Anda lebih bermakna bagi sekitar.

MEMPELAJARI HAL BARU

Tidak pernah ada kata terlambat untuk mempelajari ilmu baru. Memang belajar hal baru dari dasar di usia sekarang bukan perkara mudah, mengingat kemampuan berpikir dan memori yang menurun, ditambah urusan rumah tangga yang menyita waktu. Namun membiarkan sesuatu hal yang baru memasuki diri Anda merupakan hal berharga yang menyenangkan. Kualitas diri Anda otomatis bertambah. Ada banyak pilihan hal baru yang dapat dipelajari sesuai dengan minat Anda. Mengambil kursus bahasa, kursus kecantikan, bermain alat musik, atau bahkan kuliah lagi. Belajar hal baru melatih otak Anda tetap prima, tak termakan usia.

MELUNASI HUTANG PIUTANG

Berapa usia Anda sekarang? Kapan Anda pensiun? Berapa lama lagi hutang KPR Anda berakhir? Seberapa besar dana pendidikan anak yang sudah Anda persiapkan? Selagi usia Anda produktif, mengejar materi bukanlah hal yang salah. Stabilkan kondisi finansial Anda sedari sekarang. Siapkan masa pensiun sebelum terlambat agar Anda dapat menikmati masa tua dengan tenang. Anda dapat memulai investasi di bidang aman dan tidak berisiko tinggi dan mulai mengurangi belanja konsumtif dan meminimalisasi hutang kartu kredit. Bijaklah mengatur anggaran sekarang juga. Jangan sampai Anda pensiun dengan hutang menumpuk.

PEDULI KOMUNITAS SEKITAR

Zaman yang semakin individualistis jangan sampai membuat Anda menjadi egois dan tidak mau tahu apa yang terjadi di sekitar Anda. Ingatlah bahwa tetangga adalah saudara terdekat. Terlibatlah dengan komunitas setempat. Mungkin ada klub hobi yang dapat Anda ikuti atau kegiatan semacam ronda dan arisan yang kini mulai jarang terdengar. Kehangatan kehidupan di lingkungan rumah kelak menjadi hiburan satu-satunya saat anak-anak telah tinggal terpisah. Kenali tetangga dari sekarang dan biarkan senyuman dan sapaan saat bertatap muka di pagi hari mengawali hari Anda dengan baik. Keuntungan lain? Anda dapat menjaga lingkungan Anda dari hal-hal tidak diinginkan. Tidak mau khan lingkungan Anda menjadi tempat persembunyian para teroris?

REKAM SNAPSHOT

Setiap hari adalah istimewa. Ambil kamera dan abadikan tiap momen keseharian dan hal-hal yang khas dilakukan oleh orang-orang terkasih. Seperti kebiasaan suami bercukur, si bungsu meniru adegan tokoh favoritnya di televisi, si sulung berdandan di meja makan atau kunjungan orangtua di akhir pekan. Susunlah dalam sebuah album atau CD. Kelak Anda dapat menikmati snapshot orang-orang yang Anda sayangi setiap saat meski mereka telah tinggal jauh.

MENUMBUHKAN POHON

Tanamlah benih di pekarangan rumah, tanaman bunga, pohon buah atau bahkan pohon jati. Saksikan Ia tumbuh dan rasakan prosesnya dari hari ke hari. Kelelahan Anda memupuk dan menyiram akan terbayar saat buah tumbuh atau bunga bermekaran. Yang terpenting adalah Anda telah memberikan sesuatu kembali pada alam, tak hanya mengambilnya.

TANTANG DIRI

Apa hal menakutkan yang selam ini Anda hindari? Bungee Jumping? Roller coaster? Atau hanya sekedar pergi karaoke? Apa sih sebenarnya yang menghalangi Anda? Anda telah sukses membina kehidupan berumah tangga, hal yg mungkin sebelumnya Anda takutkan. Anda pun bahkan berhasil melahirkan anak kedua dengan selamat. Cerita seru saat berkumpul bersama teman, saudara atau bahkan kelak cucu-cucu Anda seringkali melibatkan rasa takut di dalamnya. Jadi ketahuilah sejauh mana nyali Anda dapat berdiri tegak.

NAIKKAN KELAS ANDA

Jika semasa muda Anda memiliki banyak waktu luang yang dapat dihabiskan untuk bepergian ke mana saja suka dan menghabiskan malam panjang dalam pesta, Anda tetap dapat melakukannya sekarang dengan cara berbeda. Dengan waktu yang terbatas, sebaiknya Anda hanya melakukan hal-hal yang terbaik saja. Pilihlah buku terbaik untuk dibaca, pergilah hang out di restoran terbaik, hadiri konser terpilih dan duduklah di kursi VIP. Anda telah mencoba segalanya, kini giliran yang terbaik saja. Anda layak mendapatkannya setelah selama ini bekerja keras.

TEMUI TEMAN LAMA

Teman lama selalu membangkitkan kenangan indah. Pernahkah terpikir untuk mencari sahabat karib Anda semasa SD atau SMP dahulu? Jalin silaturahmi kembali dengan mereka. Teknologi kini memudahkan segalanya. Situs-situs jejaring sosial akan membantu Anda menemukan kawan-kawan lama. Sebelum terlambat, temui mereka dan cari tahu apa yang mereka lakukan saat ini. Nikmati kembali masa-masa indah dalam suasana berbeda.

WUJUDKAN IMPIAN

Apa impian Anda yang belum terwujud? Bekerja dari rumah? Keliling nusantara? Segeralah perkaya hidup dengan pengalaman baru sekarang. Mulailah dengan langkah kecil misalnya mengambil cuti dan pergi ke tempat yang belum Anda kunjungi. Atau sisakan waktu untuk mulai mengambil side job yang dapat dikerjakan di rumah. Tidak sedikit bisnis yang berhasil bermula dari kerja sampingan atau iseng-iseng semata. Impian Anda tidak pernah akan terwujud tanpa memulai langkah awal yang nyata.

Postingan Terkait

Leave a Comment