KesehatanTips

Saat nya Memanjakan Mata

CobaDulu – Berbagai peristiwa dan ekspresi tercermin dari mata Anda.  Itulah sebabnya mata disebut jendela hati.  Dan karenanya, Anda perlu memanjakannya.

Berikan perhatian khusus pada mata Anda.  Sebab dalam kondisi normal, mata bekerja cukup berat setiap harinya – sekitar 15.000 kali pergerakan setiap harinya.  Tak hanya itu.  Area di bawah mata pun sangat rentan.  Apalagi kulit di area tersebut lebih tipis dan lebih sensitif dibandingkan kulit are wajah lainnya.

Berikut ini adalah tips praktis untuk mendapatkan perspektif dan rasa rileks pada mata dengan cara mudah :

Minum air untuk mata

Sebagian besar dari tubuh kita terdiri dari air.  Demikian juga dengan organ penglihatan. Supaya mata tetap sehat, rileks dan terawat.  Setiap orang perlu minum air putih sedikitnya 2,5 liter air.  Anda juga bisa minum the herbal untuk mencegah swelling atau kulit bengkak di area bawah mata.  Swelling biasanya disebabkan oleh cairan limpatik yang terakumulasi setiap malam.  Jika Anda mengalami swelling yang terlihat jelas, gunakan eye sheets untuk membantu menguranginya.

Siraman air untuk mata

Obat terbaik untuk mata yang lelah adalah dengan membilas mata.  Dengan cara mudah ini, energi baru akan segera hadir.  Apalagi jika Anda terbiasa merendam atau membasahi mata dengan air dingin.  Lakukan langkah ini berulang kali untuk menyegarkan mata secara optimal.

Ramuan tradisional untuk mata

Minuman sachet the hijau atau cold black, irisan ketimun, atau sendok yang telah didinginkan yang ditempel ke mata bisa memberi efek rileks pada mata secara instan.  Tak hanya itu. Pengobatan Ayurvedic juga bisa diterapkan dan merekomendasikan perawatan mata menggunakan dua buah kapas yang dicelupkan ke dalam rosewater lalu diletakkan di atas mata yang tertutup selama 10 menit.

Sentuhan susu untuk mata

Kelelahan pada mata juga bisa diatasi atau dikurangi dengan menkompres mata menggunakan susu dingin.  Caranya : Ambil ¼ gelas susu, lalu tambahkan air dan beberapa buah es batu.  Masukkan campuran susu dingin ini ke dalam wadah elastis lalu tutup rapat.  Selanjutnya celupkan kapas ke wadah tersebut dan peras, lalu kompreslah mata Anda selama 10 menit.

Senyuman untuk mata

Ekspresi wajah yang rileks dan jauh dari kesan tegang merupakan cara paling mudah dan efektif untuk menjaga mata untuk tetap rileks.  Karenanya, hindari kebiasaan mengernyitkan mata.  Selain membuat otot seputar mata menjadi tegang dan tidak rileks, kebiasaan ini juga merangsang munculnya kerutan seputar mata.

Bagi pengguna kacamata sebaiknya pilih bingkai kacamata yang benar-benar nyaman dan pas dikenakan baik secara ukuran lebar bingkai maupun berat bingkai yang dipakai.  Bila memang gemar memakai frame yang unik dan cenderung berat, milikilah satu frame ringan, biasanya memiliki desain rimless, untuk dikenakan saat sedang tidak beraktifitas sehingga otot mata maupun daerah sekitarnya lebih rileks.  Demikian pula untuk pengguna lensa kontak, memiliki kacamata untuk dikenakan saat santai akan membantu mengistirahatkan mata setelah mengenakan lensa kontak.

PERAWATAN KOSMETIK

Yang khusus diperlukan untuk menjaga kulit di area mata tetap segar walaupun menggunakan make up setiap hari.  Ursula Anyanwu-Keckeis, ahli kosmetik holistik dan trainer dari Clarins, memberikan beberapa tips untuk perawatan area sekitar mata.

Ada dua perawatan yang harus dilakukan untuk menjaga keindahan mata, yaitu perawatan di siang hari dan malam hari.

Membersihkan make up merupakan faktor penting untuk menjaga mata tetap nyaman dan terawat.  Karenanya, penting sekali untuk selalu membersihkan make up di bagian mata dengan gerakan dari bawah ke atas.  Gunakan juga krim mata yang lembut dan dioleskan secara perlahan pada kulit seputar mata.  Hindari membubuhkan krim mata dengan cara digosok.  Dengan langkah yang tepat, Anda bisa mencegah terjadinya iritasi pada kulit sekitar mata.

Untuk membersihkan make up area mata, gunakan lotion pembersih yang berfungsi untuk menghapus sisa-sisa make up, terutama make up mata.  Pilihlah lotion yang mengandung rosewater, soy protein, dan cairan yang mengandung corn flowe.  Pasalnya, krim atau lotion pembersih dengan kandungan tersebut bisa membersihkan kotoran lebih efektif, bahkan bisa membantu menjaga mata agar selalu dalam kondisi bersih, rileks dan nyaman.

Postingan Terkait

Leave a Comment