Kesehatan

Rahasia Sehat Memakai Lensa Kontak

Lensa kontak hadir untuk memberikan rasa nyaman dan kepraktisan bagi pemakainya, tetapi untuk perawatannya anda justru harus lebih teliti.

Kabar gembira bagi Anda yang mempunyai masalah penglihatan namun tidak suka memakai kacamata. Saat ini makin banyak lensa kontak yang telah diolah dengan kecanggihan teknologi. Sehingga hadirlah beragam lensa kontak yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan gaya hidup Anda.

TELITI SEBELUM MEBELI

Banyak sekali manfaat lensa kontak yang bisa didapat, seperti mengkoreksi kelainan refraksi, kelainan akomodasi, dan mempermudah aktivitas berolahraga. Ada juga yang memakai lensa kontak dengan alasan efek kosmetik bagi pemakai kacamata berminus tinggi atau sekedar menyempurnakan keindahan mata. Secara medis, pemakaian lensa kontak lebih dianjurkan kepada mereka yang memiliki rentang perbedaan jauh pada minus kedua matanya.

Ketika seseorang memutuskan untuk memakai lensa kontak, berarti ada tanggung jawab ekstra untuk menjaga kesehatan matanya. Hal ini terutama dalam hal mempertahankan kebersihan lensa kontak ketika dipakai. Dengan begitu bukan hanya kenyamanan dan kepraktisan saja yang diperoleh, tetapi juga kebersihan yang sangat berpengaruh pada kondisi kesehatan mata.

Kini lensa kontak sangat mudah didapatkan di sudut-sudut pusat perbelanjaan, tidak hanya dioptik tetapi juga di toko aksesoris atau kosmetik tanpa adanya pemeriksaan awal yang memadai. Sebelum memakai lensa kontak, perlu dilakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau tenaga ahli di optik untuk mengetahui kondisi kesehatan mata: apakah layak atau tidak menggunakan lensa kontak dan juga untuk pemilihan lensa kontak yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan anatomi mata. Untuk meminimalisir efek samping lensa kontak, setiap enam bulan sekali pemakai lensa kontak perlu kontrol ke dokter atau tenaga ahli di optik.

Efek samping pemakaian lensa kontak yang tidak mengikuti aturan yang tidak mengikuti aturan yang sebenarnya akan mengakibatkan kornea mata kekurangan oksigen dan mengalami infeksi. Kornea mata perlu beristirahat sejenak untuk mengumpulkan kembali asupan oksigen, itulah sebabnya untuk Anda yang memakai lensa kontak dianjurkan untuk melepaskan lensa kontak pada saat tidur.

RAGAM-RAGAM LENSA KONTAK

Saat ini tersedia kontak lensa dengan beragam material. Material yang terkini dan baik untuk mata adalah Silicone Hydrogel yaitu material yang memiliki kemampuan mengalirkan oksigen ke kornea mata secara lebih tinggi dibandingkan dengan bahan lensa kontak yang lain. Kornea membutuhkan asupan oksigen yang tinggi. Ketika kornea mata tidak mendapatkan oksigen yang cukup, gejalanya tidak dirasakan secara langsung oleh pengguna lensa kontak. Dalam jangka waktu yang lama, gejala-gejala yang dirasakan adalah mata terasa kering, mata terasa lelah di akhir hari atau kadang-kadang terjadi mata merah atau iritasi.

Dalam hal jangka waktu penggunaan, lensa kontak yang paling sehat adalah daily wear contact lens atau lensa kontak harian. Lensa kontak seperti ini bisa langsung dibuang di akhir hari atau setelah selesai digunakan. Jenis lensa kontak ini sangat cocok untuk mereka yang mempunyai gaya hidup dan aktivitas yang sibuk karena tidak diperlukan adanya perawatan lensa kontak secara khusus.

Untuk mereka yang gemar bergaya atau berpenampilan fashion, tersedia beragam pilihan lensa kontak warna. Mulai dari warna-warna natural seperti coklat atau abu-abu, juga warna yang lebih ekstrem seperti violet atau hijau. Saat ini bahkan tersedia lensa kontak warna yang bisa dipakai untuk memperbesar tampilan bola mata.

Dengan banyaknya pilihan jenis lensa kontak, tentu saja Anda memiliki keleluasaan untuk memilih yang terbaik. Tapi ingat, satu hal yang penting diperhatikan juga bagi Anda adalah pemilihan jenis lensa kontak harus disesuaikan dengan gaya hidup maupun kondisi pribadi.

PENTING UNTUK DIPERHATIKAN

Pastikan mata Anda diperiksa oleh tenaga ahli di optik untuk mendapatkan lensa kontak yang sesuai anatomi dan kondisi mata Anda
Perhatikan masa pakai lensa kontak yang disarankan untuk menghindari komplikasi yang tidak diinginkan
Rawatlah lensa kontak Anda sesuai petunjuk untuk mendapatkan mata yang sehat

Postingan Terkait

Leave a Comment