Kesehatan

Nyeri Dada

 

cobadulu– Merupakan keluhan yang hampir semua orang pernah merasakannya. Beberapa kondisi kesehatan yang menyebabkan nyeri dada perlu perhatian serius, antara lain Angina Pectoris dan serangan jantung.

ANGINA PECTORIS

Angina pectoris merupakan itilah medis dari nyeri dada atau rasa tak nyaman akibat gangguan jantung koroner. Suplai darah menuotot jantung terganggu hingga terjadi kekurangan energi saat jantung membutuhkan kerja ekstra, misalnya saat aktivitas tubuh tinggi (mengejar bis, naik tangga sambil berlari) atau stress emosional.

Serangan Angina ada beberapa macam :

Angina stabil

Adalah episode rasa tak nyaman di dada yang biasanya dapat diprediksi munculnya. Angina jenis ini normalnya dapat diatasi dengan istirahat atau obat nitrogliserin.

Angina tidak stabil

Adalah epsode nyeri dada yag tidak dapat diprediksi sebelumnya dan biasanya terjadi saat istirahat. Serangan Angina ini harus dianggap gawat darurat karena merupakan petunjuk adanya risiko serangan jantung, gangguan irama jantung, atau henti jantung yang menyebabkan kematian mendadak.

Kenali serangan Angina stabil :

Yaitu nyeri dada mendadak yang terasa tajam, seperti diremas atau tertimpa benda berat, dapat disertai :

Nyeri dada menyebar ke lengan sebelah kiri hingga rahang bawah
Nyeri atau rasa kesemutan di tangan
Napas pendek, rasa sesak
Disertai keringat dingin
Rasa lemas yang dirasakan mendadak dan amat mengganggu
Terjadi saat beraktivitas
Bedakan nyeri dada yang bersumber bukan dari jantung, misalnya dari paru-paru (radang selaput paru, infeksi paru lainnya, hiperventilasi), atau lambung (refluks asam lambung)
Tujuan pertolongan :

Meringankan kerja jantung dengan cara istirahat

Tindakan:

Duduklah, usahakan untuk relaks dengan posisi yang paling nyaman
Jika Anda memiliki obat untuk angina, gunakan atau minta tolong pada orang lain untuk mempersiapkannya. (Biasanya obat diletakkan di bawah lidah agar respons obat lebih cepat)
Pilihlah tempat tenang untuk beristirahat. Serangan hanya akan berlangsung beberapa menit, tunggu sampai obat berespons
Sementara itu, suruhlah orang lain untuk mempersiapkan transportasi menuju rumah sakit bila diperlukan nanti
Bila serangan menghilang, tetap waspadai kemungkinan terkena serangan di kemudian hari. Konsultasikan kepada dokter untuk mengetahui penyebab dan pencegahannya.
Waspadai :

Jika nyeri tak juga membaik dan makin parah, atau jika serangan muncul saat istirahat. Segeralah ke rumah sakit atau panggil ambulans. Mungkin Anda terkena serangan jantung atau angina yang tidak stabil

 

Postingan Terkait

Leave a Comment