Kecantikan

Mempertahankan Kecantikan

Jika anda sudah merasa cukup puas dengan kecantikan yang dipantulkan oleh cermin wajah Anda, pikirkan lagi! Masih banyak dari bagian tubuh Anda yang masih butuh perhatian Anda.

Jangan berpikir bahwa merawat tubuh mulai ujung rambut hingga ujung kaki sangat merepotkan serta perlu biaya yang mahal. Jika Anda mau, semua bisa dimulai dari hal-hal kecil, bahkan bisa berasal dari bahan-bahan yang ada di dapur Anda!

Berikut adalah langkah-langkah praktis mempertahankan kecantikan, sekaligus membuat Anda tampil segar dan percaya diri sepanjang hari.

1. Keindahan rambut & kesehatan kulit kepala

Untuk wanita yang akan memasuki usia matang, rambut akan mulai menipis dan beruban. Atasi dengan memilih model dan warna yang sesuai dengan kondisi rambut, bentuk wajah dan warna kulit. Gunakan juga vitamin serta produk perawatan rambut yang sesuai dengan kebutuhan rambut Anda.

Untuk melancarkan sirkulasi darah dan merangsang pertumbuhan rambut, pijat kulit kepala saat mandi di bawah pancuran air hangat. Kebiasaan ini dapat membantu rambut tumbuh lebih sehat.

2. Area sekitar mata

Mulailah rutinitas pagi Anda dengan mengoleskan susu dingin pada kelopak mata, agar mata terlihat jernih berbinar dan kulit seputarnya terlihat lebih segar. Susu juga bisa mengurangi bengkak pada mata dan digunakan sebagai pengganti toner.

Minum segelas besar air sebelum tidur dan memakai bantal yang tebal, supaya posisi kepala terangkat dapat mengurangi kantong mata. Jika cara ini tidak berhasil, kompres mata dengan kantong teh yang telah didinginkan terlebih dahulu di dalam lemari pendingin atau gunakan gel mata yang bersifat mendinginkan.

Untuk lingkaran hitam seputar mata, gunakan concealer dengan warna lebih terang daripada area yang ingin ditutupi. Untuk wanita di atas 40 tahun, disarankan untuk memakai eye cooling gel dulu sebelum memakai concealer, karena biasanya kulit di sekitar mata menipis. Pilihlah concealer jenis cair atau liquid agar cepat meresap dan tidak menggumpal.

3. Pertahankan kehalusan kulit wajah

Pengelupasan (exfoliating), membuat kulit wajah tampak lebih bersih, sehat, serta membuat kulit lebih mudah menyerap kandungan-kandungan aktif yang terdapat pada produk perawatan kulit wajah. Lakukan teratur dengan gerakan memutar dan tekanan sedang. Pakai bahan alami yang berasal dari dapur.

Ambil segenggam oat yang belum dimasak, campur dengan sedikit air, kemudian gosokkan ke kulit wajah secara perlahan.

4. Leher kencang dan jenjang

Untuk menghindari munculnya garis-garis halus di sekeliling leher, usahakan agar postur tubuh Anda selalu tegak. Jangan lupa juga untuk mengaplikasikan krim malam dan menggunakan tabir surya di area ini.

5. Lengan kencang dan kuat

Pernah merasa lelah pada otot lengan? Atasi dengan menggosokkan minyak almond atau zaitun pada lengan segera setelah mandi atau sebelum tidur. Gosok dengan tekanan sedang selama ± 3 menit dan secara rutin. Biasakan juga untuk melakukan olah raga yang difokuskan pada otot lengan.

6. Kulit tangan halus & lembut

Untuk kulit tangan, lakukan scrubbing dengan mencampurkan 2 sendok teh gula pasir dengan 1 sendok makan madu, gosokan pada kulit tangan untuk mengangkat sel kulit mati, kemudian bilas hingga bersih. Jangan lupa untuk mengulaskan pelembab setelah perawatan.

7. Payudara cantik dan sehat

Minyak almond atau minyak zaitun juga dapat membuat kulit payudara lembut dan kencang, dengan melakukan pijatan memutar ke arah luar. Perawatan ini juga dapat membantu mengeluarkan toksin yang tertimbun di dalam jaringan payudara.

8. Perhatikan lipatan kulit, serta siku, dan lutut

Ketiak dan area selangkangan biasanya memiliki warna kulit yang lebih gelap. Konsumsi vitamin A, C, dan E karena bisa meningkatkan produksi kolagen yang membuat warna kulit lebih terang, juga lakukan scrubbing rutin untuk area ini. Untuk kulit bagian siku dan lutut biasanya lebih kering, gunakan krim yang mengandung shea butter. Selain berfungsi sebagai pelembab, shea butter baik untuk regenerasi sel kulit.

9. Perut cantik

Lakukan sit up secara teratur dan usahakan untuk tidak makan ‘berat’ di atas jam 7 malam. Mau yang lebih menyenangkan, ikuti saja kursus belly dance atau yoga.

Stretch mark dapat dipudarkan dengan bantuan aloe vera atau pelembab tubuh yang memiliki kandungan vitamin E. Melakukan perawatan body scrub secara rutin juga terbukti cukup efektif memudarkan stretch mark.

10. Kulit tubuh halus, bokong kencang

‘Pengampelasan’ kulit atau scrubbing ternyata tidak hanya dilakukan pada wajah saja, tetapi juga pada kulit tubuh. Untuk bokong, lakukan perawatan dengan bantuan sikat khusus. Setelah perawatan, bilas tubuh dengan air hangat dan ulaskan pelembab saat kulit masih dalam keadaan lembab. Lakukan secara rutin setiap 2 minggu sekali untuk mengangkat sel-sel kulit mati serta mencerahkan kulit.

11. Telapak kaku halus

Kebiasaan memakai sepatu berhak tinggi membuat kulit di telapak kaki cepat kering dan menebal. Karena itu pertahankan kehalusan telapak kaki dengan rutinitas pengelupasan sekaligus menyikatnya dengan batu apung. Lakukan sebelum mandi karena air akan membantu melembabkan kulit di telapak kaki. Biasakan juga untuk mengulaskan telapak dengan pelembab setiap malam sebelum tidur.

12. Kerutan pada kening (forehead lines)

Penyebab : aktivitas otot yang terus-menerus dan sengatan sinar matahari

Atasi dengan : menggunakan pelembab berkadar air tinggi, tabir surya

Dengan kandungan SPF cukup tinggi yang sesuai dengan kegiatan Anda sehari-hari, gunakan serum yang dapat meningkatkan elastisitas kulit sekaligus merangsang produksi kolagen. Atau hilangkan dengan terapi IPL (Intense Pulse Light).

13. Garis kerutan di antara alis mata (glabella ‘frown’)

Penyebab : terlalu sering mengernyitkan mata

Atasi dengan : menggunakan pelembab konsentrasi tinggi, tabir surya SPF 30 atau 45, serta mengkonsumsi vitamin B kompleks secara teratur. Lakukan juga perawatan intensif dengan masker yang kaya akan kandungan ceramide, kolagen secara teratur.

14. Kerutan di sudut mata (crow’s feet)

Penyebab : kulit seputar mata kering, kebiasaan merokok, efek negatif sinar matahari, kebiasaan mengernyitkan mata, dan bahkan tertawa !

Atasi dengan : mengulaskan krim mata setiap hari dan samarkan dengan pulasan concealer tipis-tipis di area tersebut. Atau jika Anda ingin mengatasi dengan cara yang lebih canggih dan cepat, lakukan terapi laser dan suntik botox.

15. Pipi turun atau mengendur (jowls)

Penyebab : penurunan berat badan yang sangat drastis, pertambahan usia, serta perubahan hormon

Atasi dengan : melakukan perawatan pengencangan kulit wajah, seperti Radio Frequency Technology

16. Kerutan di sudut bibir (naso-labial ‘laughter’ line)

Penyebab : efek negatif sinar matahari, diet yang ketat, faktor usia, bahkan kebiasaan tidur miring

Atasi dengan : memakai tabir surya dan pelembab yang kaya akan moisturizer, banyak mengkonsumsi makanan yang bisa membantu meningkatkan produksi kolagen, serta biasakan tidur dengan posisi terlentang

 

Postingan Terkait

Leave a Comment