Kesehatan

Ketika Tubuh Menjerit

Ciptaan Tuhan memang tak bisa diragukan kesempurnaannya. Tubuh kita, misalnya, diberikan kecanggihan-kecanggihan tertentu sehingga memudahkan manusia sebagai pemiliknya untuk memelihara dan menjaga dari berbagai gangguan. Sayangnya, kita banyak tidak peduli atau tidak tahu akan kecanggihan tersebut.

Tubuh kita akan memberitahukan kita jika sedang mengalami gangguan atau ada sesuatu yang tidak beres di dalamnya. Tubuh akan memberikan alarm agar kita waspada dan bertindak sebagaimana mestinya. Namun, karena kita kurang menyadari hal itu di awalnya, biasanya penyakit pun muncul kemudian. Salahnya, di saat itulah kita baru tersadar dan mulai bertindak dengan mengkonsumsi obat-obatan atau membawa diri ke ke dokter.

Untuk itu, agar kita tidak terlambat mengatasi gangguan tubuh, inilah alarm-alarm yang seharusnya kita perhatikan.

Perut Dan Saluran Pencernaan

Gangguan ini paling sering dirasakan oleh semua orang. Banyak hal yang bisa menyebabkan gangguan pada bagian perut ini. Mulai dari pola makan yang tidak teratur hingga adanya gangguan pada fungsi organ yang berada pada rongga perut. Gejala satu penyakit dengan penyakit lainnya pun dapat serupa sehingga sulit bagi orang awam untuk menerka gejala yang dirasakan adalah akibat gangguan pada organ tertentu. Beberapa gejala yang sering dirasakan adalah :

Rasa tidak nyaman pada perut
Nyeri ulu hati
Kembung atau rasa penuh pada perut
Sulit buang air besar atau diare
Rasa panas pada perut
Mulut terasa asam akibat asam lambung yang meningkat
Mual dan muntah
Buang air besar berdarah
Perubahan kebiasaan makan
Gejala-gejala di atas sering kali timbul pada siapa saja. Terkadang kita sering mencoba untuk mengatasinya dengan meminum obat maag atau obat penghilang rasa sakit. Namun jika tidak ada perubahan segera konsultasikan dengan dokter Anda.

Saluran Napas dan Paru-paru

Banyak penyakit yang bisa terjadi pada organ yang satu ini. Gejala penyakitnya juga bisa serupa. Terkadang kita tidak menyadarinya bahwa kebiasaan buruk kitalah yang menjadi penyebabnya. Mulai dari kebiasaan merokok, menjadi perokok pasif, berkendaraan motor tanpa menggunakan masker, kurang menjaga kesehatan, dan lainnya. Untuk itu sering timbul gejala seperti :

Batuk kering atau berdahak
Batuk yang sulit untuk sembuh
Sesak napas
Nyeri pada saat bernapas
Napas memendek
Napas menjadi berbunyi
Tidak nafsu makan hingga penurunan berat badan
Batuk berdarah
Beberapa jenis penyakit paru dan saluran pernapasan menimbulkan gejala yang serupa. Untuk memastikannya Anda tetap harus melakukan pemeriksaan dokter. Untuk anak-anak, penyakit pada paru akan sangat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tubuhnya, sehingga harus sangat diperhatikan.

Serangan Jantung

Penyakit ini adalah salah satu penyakit yang paling ditakuti. Namun begitu banyak orang kurang menyadari bagaimana mencegah agar tidak terserang penyakit ini. Harus diperhatikan juga bahwa serangan jantung ini tidak terjadi begitu saja. Ada faktor risiko yang harus diwaspadai. Yaitu penyakit darah tinggi/hipertensi, diabetes mellitus, hiperkolesterol, obesitas, merokok, dan kebiasaan hidup yang tidak sehat. Beberapa gejala yang bisa diwaspadai adalah :

Nyeri pada dada sebelah kiri
Nyeri dada yang menjalar hingga ke lengan kiri
Napas memendek seperti selalu merasa kekurangan udara
Mual hingga muntah
Sesak napas
Sering merasa kelelahan
Sulit tidur
Sering merasa cemas
Serangan Stroke

Seperti serangan jantung, serangan stroke juga memiliki faktor risiko yang serupa. Untuk itu stroke juga harus diwaspadai. Gejalanya adalah :

Tangan atau kaki terasa berat atau melemah
Kesulitan untuk bicara
Gangguan keseimbangan dan koordinasi
Memiliki faktor risiko dan tidak terkontrol
Jika mulai merasakan salah satu gejala maka segera hubungi dokter Anda.

Gangguan Pada Kandung Kemih

Keluhan infeksi pada saluran kemih banyak kita temukan di kehidupan sehari-hari. Banyak pula yang tidak terobati dengan baik sehingga bisa terjadi berulang-ulang. Hati-hati jika terjadi berulang bisa mengakibatkan gangguan pada saluran kemih tetapi juga hingga ke organ ginjal. Alarm yang harus diperhatikan adalah :

Nyeri dan sakit pada saat buang air kecil, bisa terjadi pada awal dan akhir
Rasa ingin buang kecil terus menerus tapi tidak lancar
Nyeri pinggang
Perubahan warna urine menjadi kuning keruh, kecoklatan atau kemerahan
Terkadang bisa menyebabkan demam
Hal ini tidak boleh dibiarkan. Sebab, jika kuman penyebab infeksi tidak dihilangkan akan bisa menyebabkan penyakit lain yang berbahaya. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Gangguan Pada Kulit

Kulit adalah bagian terluar dari tubuh kita. Jika terjadi gangguan perubahan yang terjadi pada kulit adalah gejala yang paling mudah dilihat. Apabila organ dalam tubuh kita mengalami gangguan fungsi maka kulit juga akan memberikan pertanda. Maka itu kulit adalah bagian yang istimewa. Tanda-tanda yang bisa kita kenali adalah :

Perubahan pada warna kulit
Timbulnya bercak kemerahan, kecoklatan, kehitaman dengan berbagai ukuran
Perubahan warna kulit menjadi kekuningan
Kulit terasa nyeri, kering dan berkerut
Rasa seperti terbakar
Menjadi sensitif terhadap sinar matahari
Gangguan Pada Otot Persendian

Bagi yang kurang berolahraga, memiliki tingkat stress yang tinggi, atau memiliki kebiasaan makan yang kurang sehat sering mengalami gangguan pada otot dan persendian. Bisa hanya ketegangan otot hingga penyakit rematik. Beberapa gejalanya adalah :

Nyeri pada otot yang dirasakan hilang timbul atau menetap
Rasa kebas, kram, kesemutan pada bagian-bagian tertentu
Nyeri, kaku, bengkak, atau kemerahan di sekitar sendi
Rasa pusing atau sakit kepala yang berat
Sering merasa kelelahan atau pegal ketika bangun tidur
Periksakan dengan teliti kepada dokter Anda, temukan faktor pencetusnya agar bisa diobati dengan tepat, serta ikuti anjuran dokter agar penyakit tidak datang berulang.

Gangguan Pada Kejiwaan

Gangguan ini bisa terjadi pada siapa saja, baik dewasa maupun anak-anak. Sayangnya banyak yang malu mengakuinya sehingga tidak mau mencari jalan keluar dan mengobatinya. Akibat tuntutan kehidupan yang berat, banyak orang mengalami hal ini. Jika dibiarkan akan mengganggu kehidupan Anda. Simak tanda-tandanya :

Sering merasa cemas berlebihan dan terkadang dirasakan menetap
Depresi, sering merasa kesepian, merasa selalu bersedih dan tidak berguna
Sering merasa kelelahan meskipun sudah beristirahat cukup
Perasaan tegang yang berlebihan yang tidak diketahui penyebabnya
Gangguan tidur terkadang disertai mimpi buruk
Munculnya keinginan untuk bunuh diri
Perubahan pola makan; bisa berlebihan atau penurunan nafsu makan
Sering berhalunasi
Sering berusaha menyakiti diri sendiri
Berusahalah mencari penyelesaiannya jika Anda menemukan diri Anda, anak, keluarga atau orang terdekat mengalami hal ini. Konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan terapi yang tepat.

 

Postingan Terkait

Leave a Comment