Kesehatan

Kandungan Gizi Dalam Lalapan

Bayangkan ketika perut lapar. Gurihnya ayam goreng dan nikmatnya bebek bakar semakin sedap ketika disantap bersama sambal lalapan. Anda perlu mengetahui, ternyata banyak manfaat dari menu pelengkap ini.

Cabai

Bahan utama pembuatan sambal ini mengandung capsaicin, senyawa yang menimbulkan rasa pedas. Namun, capsaicin juga membantu saluran cerna, bisa mengatasi rematik, sariawan, dan merangsang nafsu makan.

Bawang merah dan putih

Nikmatnya sambal semakin terasa dengan tambahan bawang merah atau bawang putih. Bila dihitung, 100 gram bawang merah mentah maupun bawang putih terdapat vitamin E, K, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, natrium, seng.

Tomat

Warna merah pada tomat ditimbulkan oleh pigmen berwarna merah yang disebut likopene. Likopene termasuk zat antioksidan yang terdapat pada buah dan sayur lain yang berwarna merah, seperti semangka. Salah satu pengolahan tomat adalah dengan digoreng sebelum dicampur jadi sambal. Saat digoreng, likopene tidak akan hilang. Selain itu, tomat juga kaya akan vitamin C, folat, vitamin A, finosterol, dan flavonoid.

Mentimun

Di dalam mentimun terdapat berbagai macam vitamin, di antaranya A, C, B, K, dan folat. Selain itu mentimun juga mengandung beberapa jenis mineral, seperti magnesium, K, Na, kalsium dan besi. Kandungan lain seperti serat, karbohidrat, dan protein juga ditemukan.

Daun kemangi

Daun kemangi dengan aroma yang khas bermanfaat sebagai penghilang gas di usus, dan dapat membantu pembentukan urin. Daun kemangi juga mengandung vitamin dan mineral seperti zat besi, kalsium, vitamin A, magnesium, kalium, vitamin V, serat. Magnesium berkhasiat dalam membantu menjaga kesehatan jantung.

Pare

Selain serat, pare mengandung vitamin C, karotin, dan kalium. Serat bekerja untuk mengatur kondisi di dalam usus dan mengatasi sembelit. Karotin baik untuk kesehatan mata, sedangkan kalium untuk mengatasi konsumsi natrium berlebih sehingga mengatasi tekanan darah tinggi. Selain itu, pare dapat mencegah sel kanker.

 

Postingan Terkait

Leave a Comment