KesehatanMotifasi

Jenis-jenis Makanan Untuk Memperpanjang Umur

Untuk kunjungan ke supermarket, pastikan Anda menggunakan rumus ini : Belanja tepat, umur lebih panjang. Para ahli meyakini bahwa apa yang Anda makan dapat menentukan umur Anda.

ASAH INDRA ANDA

Seiring dengan pertambahan usia, ketajaman panca indra Anda akan mengalami penurunan. Bahkan tak jarang ini menimbulkan gangguan kesehatan yang akan menurunkan kualitas hidup Anda. Salah satu indra yang mengalami penurunan cukup tinggi adalah mata.

Lakukan ini!

Panggang ikan salmon segar untuk makan malam. Anda tentu sudah pernah mendengar betapa bermanfaatnya salmon bagi otak. Tapi tak hanya itu, beberapa penelitian juga menemukan bahwa mengkonsumsi ikan yang kaya akan DHA – salah satu lemak Omega-3, dua hingga tiga kali seminggu menurunkan risiko degenerasi makula (penurunan penglihatan)

Anda Juga Butuh

BAYAM, SAWI, BROKOLI

Kelompok sayuran berdaun hijau gelap ini mengandung lutein. Senyawa ini bekerja dengan menghambat sinar ultraviolet yang menyebabkan degenerasi makula. Mereka juga dapat membantu menurunkan risiko katarak.

BUAH DAN SAYURAN BERWARNA CERAH

Jeruk dan wortel adalah pilihan terbaik untuk Anda. Coba juga buah peach.

JAGUNG

Sayur yang satu ini kaya akan kandungan zeaxanthin yang akan membantu Anda melawan gangguan mata yang berhubungan dengan pertambahan usia.

TELUR & COKELAT HITAM

Memiliki kandungan nutrisi terbaik untuk meningkatkan ketajaman penglihatan dan mencegah katarak.

PERTAJAM OTAK

Para ahli yakin bahwa senyawa bioflavanoid yang banyak ditemukan pada buah dan sayuran dapat mengurangi risiko terjadinya kerusakan sel-sel otak akibat serangan radikal bebas. Kerusakan pada jaringan dan sel otak bisa memicu kehadiran beberapa penyakit, salah satunya Alzheimer.

Lakukan ini !

1 cangkir blueberry setiap hari dapat mendongkrak semangat dan menjaga ketajaman daya ingat Anda. Kandungan antioksidan antosianin dalam blueberry juga bekerja untuk mencegah serangan Alzheimer.

Anda juga butuh

KACANG-KACANGAN

Sebagian besar otak dan susunan saraf pusat terdiri dari asam lemak tak jenuh Omega-3 dan Omega-6. Kekurangan keduanya dapat menimbulkan kerusakan susunan saraf yang akhirnya bisa menurunkan kinerja otak. Konsumsi kacang-kacangan yang kaya akan Omega-6 akan membantu Anda terhindar dari masalah ini. Sementara untuk Omega-3, bisa Anda dapatkan dari salmon atau makarel.

TEH

Hijau, hitam, atau putih tak masalah. Ketiga jenis teh tersebut kaya akan kandungan katekin yang dapat menurunkan risiko terhadap gangguan-gangguan otak sehubungan dengan pertambahan usia. Mulailah mengkonsumsinya dari sekarang agar Anda panjang umur dan tetap sehat di usia tua nanti.

SAYURAN HIJAU DAN AVOKAD

Vitamin E dapat membantu menurunkan risiko serangan Alzheimer saat Anda tua nanti.

KOPI

Kafein yang merupakan kandungan kopi paling populer dapat merangsang otak untuk bekerja lebih baik.

BUAH BERKULIT GELAP

Misalnya apel merah dan plum.

BIJI-BIJIAN

Seperti beras merah dan gandum murni. Kelompok ini berguna untuk meningkatkan aliran darah ke otak, sehingga akan menunjang kinerja fungsi otak.

BEBAS JANTUNGAN

Salah satu penyakit yang paling akrab dengan usia yang semakin menanjak adalah penyakit jantung. Risiko yang dihadapi penderitanya pun tak main-main : Kematian. Tapi bukan berarti Anda harus pasrah menunggu suratan nasib. Bentengi jantung Anda mulai hari ini, dan Anda tak perlu berurusan dengan penyakitnya.

Lakukan ini !

Penelitian yang dilakukan oleh sebuah universitas di California menemukan bahwa mengkonsumsi segenggam penuh kacang-kacangan dapat membantu menjaga kesehatan jantung Anda. Cara yang sangat mudah, kan ?

Anda juga butuh

BAWAH PUTIH

Bumbu yang satu ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Lupakan saja aromanya yang membuat sebal, toh Anda bisa menggunakan deodorant atau memberi penyegar mulut.

OATS & DAN BERAS MERAH

Kandungan bioflavonoid dalam gandum berguna untuk mencegah terbentuknya plak dan peradangan pada pembuluh darah. Keduanya merupakan faktor risiko terhadap penyakit jantung.

DELIMA

Dengan kandungan antioksidan bernama resveratrol, delima bermanfaat untuk menurunkan kadar LDL, dan melindungi lapisan pembuluh darah dari pembekuan serta peradangan.

JAMUR

Hampir semua jenis jamur pangan baik untuk jantung. Jamur shiitake dapat menurunkan kadar kolesterol jahat serta mengandung senyawa yang dapat mengencerkan darah.

BERRY

Blueberry, strawberry, blackberry, raspberry. Pilih yang Anda suka. Keluarga ini memiliki kandungan zat antiradang yang cukup tinggi.

MINYAK ZAITUN

Kaya akan kandungan lemak tak jenuh yang baik bagi kolesterol Anda.

TAKLUKAN KANKER

Proses terbentuknya kanker memang masih menjadi misteri di dunia medis. Namun setidaknya Anda bisa mengambil langkah cerdik dengan menghindarinya. Bagaimana pun juga, para peneliti yakin bahwa beberapa jenis makanan mengandung zat antikanker.

Lakukan Ini !

Secangkir teh hijau setiap hari dapat membantu mengatasi kerusakan pada kulit akibat sinar UV. Kerusakan ini dapat memicu terjadinya kanker kulit. Tak hanya kulit, kandungan zat katekin di dalam teh hijau juga dapat menghambat perkembangan sel-sel kanker lain.

Anda juga butuh

BRUSSELS SPROUT, KOL

Kandungan zat aktif pelawan kanker, isothiocyanate, di dalam Brussels sprout berfungsi untuk menghentikan perkembangan sel kanker.

TOMAT

Dengan kandungan antioksidan likopen, tomat dapat membantu mencegah radikal bebas penyebab kanker.

GRAPEFRUIT

Bekerja dengan cara membersihkan karsinogen dari dalam tubuh.

COKELAT

Makanan yang satu ini kaya akan kandungan antioksidan polifenol yang bekerja memperlambat pertumbuhan sel-sel kanker.

SIRSAK

Buah ini mampu membunuh sel-sel kanker dan menghambat pertumbuhan sel kanker tanpa merusak sel-sel yang sehat.

BAWANG PUTIH

Kandungan senyawa allium, berguna untuk menghalangi karsinogen (pemicu kanker) memasuki sel. Allium juga potensial menghambat perkembangan tumor.

RUMPUT LAUT

Mengandung beta karoten, Vitamin B12, serat, dan zat chlorophylones – senyawa penting yang bekerja melawan kanker.

 

Postingan Terkait

Leave a Comment