MotifasiTrending

Citra Diri Positif Menunjang Keberhasilan Segala Profesi

 

Di manapun kita berada sebagai individu kita tidak lepas dengan lingkungan, baik lingkungan di dalam organisasi maupun di luar organisasi di mana kita bekerja. Manusia adalah makhluk sosial yang eksistensinya memerlukan manusia lain untuk mengembangkan pribadinya.

Pengembangan karir seseorang di dalam organisasi tidak dapat dipisahkan dengan pengembangan pribadinya. Pengembangan karir tidak harus bergerak menuju ke atas melainkan mengarah ke depan dan mempunyai arti serta jangkauan yang lebih luas.

Pengembangan karir sering dikaitkan dengan kesuksesan. Kesuksesan sebenarnya terletak terutama dalam melakukan sesuatu bukannya pada pencapaian sesuatu. Oleh karena itu kesuksesan yang dikaitkan dengan pe,ngembangan karir adalah sesuatu yang harus diupayakan bukannya berhenti pada suatu pencapaian.

Pada umumnya setiap individu yang berkembang harus mampu menjalankan berbagai peran yang dituntut darinya. Setiap peran tentu berbeda tetapi secara umurn peran harus ditunjang oleh sikap dan penampilan yang positif. Penampilan adalah sarana komunikasi kita dengan lingkungan. Sikap dan penampilan yang positif menghadapi lingkungan adalah yang utama diharapkan.

Pesona pribadi seseorang dapat dilihat secara cepat melalui penampilan seseorang. Penampilan seseorang dapat memancarkan pesona pribadi yang menyenangkan atau sebaliknya.

APA-APA SAJA YANG MEMPENGARUHI PESONA PRIBADI SUKSES

1. Penampilan kepribadian yang berkaitan dengan moral, susila dan agama

2. Penampilan yang berkaitan dengan kemampuan otak seseorang.

3. Penampilan yang berkaitan dengan penampilan lahiriah seseorang antara lain kesehatan (expressions)

Ketiga Faktor di atas menyatu di dalam penampilan yang utuh bila di tunjang oleh :

• Self Confidence (rasa percaya diri)

• Self Control (mengontrol diri).

• Sikap tubuh.

PESONA PRIBADI DAN PENGENALAN DIRI

Dalam kehidupan manusia pada umumnya, tuntutan dari lingkungan senantiasa yang mengharapkan manusia untuk menjawab tuntutan itu. Menjawab tuntutan lingkungan dapat dikatakan berhasil kalau manusia mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan di mana dia berada. Tuntutan lingkungan akan sangat bervariasi dan manusia harus mampu memainkan perannya dengan baik, misalnya tuntutan menjadi seorang wanita sukses. Pada umumnya setiap manusia harus menjalankan berbagai peran yang dituntut dari dirinya.

Keberhasilan menjalankan peran itu akan banyak membantu manusia di dalam membina kehidupannya untuk selanjutnya. Di dalam pengembangan dan peningkatan diri diperlukan sarana penunjang supaya seseorang tampil secara maksimal sesuai dengan perannya.

Akan halnya menjadi seorang yang sukses peran yang diharapkan untuk kita jalankan memiliki tuntutan-tuntutan tertentu yang spesitik.

Agar berhasil, beberapa tuntutan persyaratan diminta untuk kita miliki. Tuntutan-tuntutan lingkungan secara tidak langsung meminta untuk kita terus membenahi diri dan mengembangkan diri kita agar bisa menjaw-ab tantangan-tantangan yang harus kita hadapi.

Pengenalan Diri

Untuk memenuhi tuntutan-tuntutan di atas seorang yang sukses harus mengenal dirinya dan memiliki konsep diri yang tepat. Dengan memiliki konsep diri vang tepat, akan banyak membantu dirinya untuk mengetahui kebaikan atau kelebihan yang terdapat pada dirinya sehingga dapat mengembangkan dan memperkuatnya. Di samping itu, juga bisa mengetahui kelemahan-kelemahannya dan diharapkan mampu untuk mengontrol, mengurangi atau mengatasi.

Pengetahuan yang tepat tentang dirinya dapat mengarahkannya untuk bisa berencana bagaimana mengembangkan yang pada gilirannya akan membentuk pribadi kita menjadi semakin mantap.

Mengenal diri bukanlah suatu hal yang mudah. Adakalanya kita tidak menyadari keadaan diri kita yang sebenarnya atau terdapat penolakan pada diri untuk menerima suatu kenyataan karena mengharapkan menjadi pribadi yang lain. Keadaan ini akan menjadi penghambat bagi usaha pengenalan diri dan perbaikan diri.

APA YANG DIHARAPKAN DARI PRIBADI SESEORANG SUPAYA SUKSES

• Dia harus memiliki keteiitian dan kepekaan yang tinggi terhadap lingkungan, kritis.

• Dia harus seorang pribadi dengan banyak sisi, mempunyai wawasan yang luas.

• mempunyai penguasaan lingkungan secara manusiawi.

• Dia seyogyanya mempunyai citra kepribadian yang baik dan penampilan yang menarik.

• Dia seyogyanya seorang yang cerdas, punya insting tajam dan peka terhadap situasi yang dihadapi, nalurinya luas dan dapat berkomunikasi dengan baik.

KOMUNIKASI

Untuk membentuk pesona pribadi yang baik, seseorang harus dapat berkomunikasi dengan baik, dapat berinteraksi dengan lingkungan, salah satu cara adalah melalui penampilan, pengetahuan etiket dan penguasaan Iingkungan secara manusiawi.

Penampilan kerja keras vang akan menjadi kekuatan vang ampuh untuk menghasilkan kinerja yang maksimal.

ETIKET

Di dalam berpenampilan, diperlukan pengetahuan tentang etiket, yang sangat penting untuk menunjang rasa percaya diri.

1. Apakah Etiket itu ?

Secara umum etiket diartikan sebagai tata cara pergaulan yang baik antara sesama manusia. Etiket berasal dari Bahasa Perancis “Etiquette”.

2. Manfaatnya :

a. Penghayatan tata krama dengan baik membuat seseorang disenangi, disegani dan dihormati orang lain.

b. Penghayatan tata krama memudahkan hubungan baik dengan orang lain, dengan demikian akan dapat melancarkan kegiatan hidup dan usaha-usaha bisnis.

c. Pengetahuan tentang aturan-aturan tata krama memberi keyakinan pada diri sendiri waktu menghadapi masyarakat dari berbagai lapisan atau tingkatan.

d. Kita akan lebih mapan dan lebih percaya diri dalam hidup bermasyarakat, kalau kita sudah menerapkan etiket yang baik dalam hidup kita.

BUSANA

Busana adalah cermin diri. Busana yang sembarangan dapat menunjukkan sikap-sikap yang mengabaikan lingkungan, tidak memperdulikan orang lain, juga mengganggu orang lain. Busana harus disesuaikan dengan sikon, usia, bentuk tubuh, warna kulit dan status.

Meskipun busana itu bersifat pribadi, tetapi kalau kita datang ke suatu acara dengan busana seenaknya, berarti kita tidak menghormati diri sendiri dan lingkungan, apalagi kalau kita merupakan tamu kehormatan. Busana dan pribadi harus tampak “pas” dan memiliki “3 S” yaitu serasi sesuai sikon, sederhana dan selalu sopan.

Dengan mengindahkan faktor-faktor yang telah diuraikan di atas, mudah-mudahan pesona pribadi tampil maksimal dan sukses mencerminkan sikap positif; meningkatkan citra diri dan citra lingkungan di manapun dia berada

Postingan Terkait

Leave a Comment