KesehatanMotifasiTips

AWET MUDA SELAMANYA !

CobaDulu – Usia menggerogoti Anda walau Anda bersemangat muda. Ikuti tips Men’s Health, maka semangat dan usia Anda akan selalu muda… selamanya !

Tahun baru ! Anda boleh berteriak girang – seperti sekumpulan politikus yang berharap bisa menggantikan Megawati, Amien Rais, atau Akbar Tanjung tahun ini. Sekarang adalah saat yang tepat untuk memperbarui semangat serta meningkatkan kenyamanan hidup. Tapi seperti dua sisi mata pedang, tahun baru juga berarti bahwa usia Anda bertambah. Apakah Anda masih punya cukup tenaga seperti masa keemasan dulu ? Pasti !

Jika Anda menginginkan otot yang lebih besar, seks yang lebih baik, serta tidur yang lebih berkualitas, atau secara umum ingin menunda masa tua dan mempertahankan masa muda, kami punya kabar baik. Tidak hanya ada satu, tapi dua cara untuk melakukannya. Yang satu gratis, alami, aman, dan efektif. Sementara yang lainnya mahal, harus antre, menyakitkan, dan mungkin ada efek negatifnya pada tubuh.

Kedua metode memilki tujuan yang sama : Meningkatkan tingkat hormone tertentu – testosterone, melatonin, dan hormon pertumbuhan – yang memegang peranan penting dalam melawan proses penuaan. “Kalau fungsi hormone-hormon itu dipertahankan, maka fungsi tubuh yang dipengaruhi juga akan dipertahankannya. Artinya, penampilan Anda akan tampak lebih muda dari usia sebenarnya,” ujar androlog dari Klinik Gracia, Bali, Prof. DR. Dr. Wimpie I. Pangkahila, Sp. And., FAACS.

Kedengaran menjanjikan, betul tidak ? Janji inilah yang menjadi dasar pengobatan Hormone Replacement Therapy atau HRT. Perawatannya dengan menggantikan pasokan hormone alami tubuh dengan pil, batch, dan suntikan. Tapi urolog dari RS Fatmawati Jakarta, Dr. Patriot Muslim, Sp. U., mengatakan, tindakan pertama sebelum Anda meminta terapi HRT adalah mengkonsultasikan dahulu masalah Anda pada dokter. HRT memang berhasil jika Anda termasuk segelintir orang yang didiagnosa mengalami kekurangan hormone. Tapi bagi kebanyakan orang yang kadar hormonnya normal untuk beberapa tahun ke depan, terapi ini belum terbukti berhasil. Malah mungkin berbahaya – itu alasan mengapa konsultasi menjadi hal mutlak.

Tapi itu bukan alasan untuk menyerah pada waktu kan ? Anda masih bisa mempertahankan atau meningkatkan hormone tersebut sehingga tetap awet muda dengan gratis, alami, aman dan efektif. Lakukan taktik sederhana berikut dan manfaatkan ramuan awet muda dari tubuh Anda sendiri…

TESTOSTERON

Hormon ini memegang peranan penting dalam gairah dan performance seksual. “Bukan Cuma dorongan seksual pada pria, tapi juga pada wanita. Sebab meski disebut hormone lelaki, wanita juga memiliki hormon tersebut,” cetus Prof. Wimpie. Fungsi lain hormone ini adalah : Menjaga kekuatan tulang dan otot, menjaga kadar lemak, dan memperlancar kemampuan berpikir. Untungnya, menurut ahli dari John Hopkins Bayview Medical Center, Dr. Marc R. Blackman, hormon ini tidak turun secara drastis seiring bertambahnya umur.

Kabar buruknya, reseptor testosterone yang bertugas merespon stimuli menjadi kurang aktif seiring bertambahnya usia. Langsung HRT ? “HRT” dibutuhkan bagi mereka yang bermasalah dengan sumber hormone – pada kasus ini, buah pelir. Buah pelir yang kecil atau rusak bisa membuat seks sekunder Anda tidak normal, misalnya penis kecil dan tidak tumbuhnya bulu di bagian-bagian tubuh yang semestinya berbulu,” ulas Dr. Patriot.

Singkatnya, terapi ini tidak dibutuhkan oleh pria dengan kadar hormone testosterone yang normal. HRT justru bisa menimbulkan efek buruk seperti memicu tumor, testikel mengkerut, kerusakan hati, dan membesarnya dada. Ada cara alami untuk mendongkrak hormon ini tanpa harus menjadi Pam Anderson Lee. Yaitu :

Angkat beban ringan. Dalam sebuah penelitian, testosterone dan hormone pertumbuhan dapat meningkat pada saat Anda berlatih. “Latihan kekuatan baik untuk kesehatan otot dan tulang, juga kesehatan endokrin dan metabolism tubuh,” ujar Dr. Blackman.
Cukup istirahat. Olahraga yang berlebihan, apalagi ditambah tidur yang kurang bisa menurunkan kadar testosterone. Mahasiswa baru yang sedang diplonco adalah contohnya.
Main untuk menang. Kompetisi yang serius dalam semua hal – sepakbola ataupun catur – dapat meningkatkan kadar testosterone. Endologist dari Penn State, Alan Booth, Ph.D., menunjukkan bahwa kadar testosterone Anda meningkat selama sehari atau lebih setelah Anda berkompetisi. Dia berkesimpulan, meningkatnya testosterone dalam jangka panjang dapat terjadi pada orang yang sering menang. Peningkatan testosterone setelah kemenangan dapat menambah ketajaman mental dan reaksi.
Makan hamburger. Pemakan daging dapat menambah lebih banyak testosterone daripada vegetarian. Mereka yang tidak mau makan daging dan menggantikannya dengan tahu akan kekurangan hormon testosterone.
MELATONIN

Beberapa tahun lalu melatonin dinobatkan sebagai hormone immortal. Beberapa penelitian awal mengindikasikan bahwa melatonin dapat membantu melawan kanker, sakit jantung, tekanan darah tinggi, luka lambung, migren, penyakit Alzheimer, serta penyakit lainnya yang mungkin Anda derita. Fungsi hormone itu sendiri, tutur Prof. Wimpie, sebagai pengatur irama tidur dan bangun. Karena itulah kadarnya tinggi pada malam hari dan rendah pada pagi sampai siang hari. Tapi yang pasti, hormone ini secara tidak langsung mengatur kadar hormone yang lain.

Banyak orang mengkonsumsi hormone ini dalam bentuk pil dan kebanyakan tidak melihat keuntungannya. Bahkan orang-orang ini kemudian sering mendapat mimpi buruk, kram perut, dan mengalami penurunan gairah seksual. Muncullah kontroversi mengenai cara terbaik mendapatkan melatonin. Salah satu referensi menyebutkan, untuk mendapatkan keuntungan penuh melatonin Anda bisa melakukan terapi urin sendiri di pagi hari. Berhasil atau tidak, yang jelas Anda mendapatkan pengalaman menarik di pagi hari : Sepiring nasi goring, telor mata sapi, dan segelas urin sebagai sarapan…

Tapi ada juga cara alami dan tidak menjijikan untuk meningkatkan kadar melatonin Anda. Dan kebanyakan cara di bawah ini juga dapat meningkatkan kadar serotonin – zat kimia di otak yang menjadikan Anda berperasaan enak :

Makan siang di luar. Berbagai bukti menyebutkan, kontak dengan cahaya terang di siang hari dapat meningkatkan kadar melatonin di malam hari – membantu Anda tidur. Juga, meningkatkan kadar serotonin di siang hari – membuat Anda merasa gembira. Trik lainnya : Jalan kaki di pagi hari atau memilih kursi di sisi jendela ketika mengikuti anjuran Bang Yos, naik buskota.
Matikan lampu. Antara jam 9 dan 12 malam, kelenjar pineal memproduksi melatonin. Peneliti menyarankan agar Anda membantu efisiensinya dengan mematikan lampu pada jam 9 malam sampai waktu tidur. Kesempatan main buta-butaan.
Makan camilan di malam hari. Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung melatonin sebelum tidur bisa membuat Anda tidur lebih lama dan lebih baik. Pilihan utama adalah oatmeat, jagung manis, nasi, jahe, tomat, dan pisang. Ada makanan lain yang dapat merangsang tubuh memproduksi melatonin seperti susu, daging ayam, tahu, dan biji labu.
Selektif pada obat-obatan. Mengkonsumsi aspirin atau obat penghilang rasa sakit lain sebelum tidur dapat menurunkan produksi melatonin hingga 75%. Dua jenis obat tekanan darah tinggi, Calcium channel blockers, juga bisa menghambat produksi melatonin. Tanya dokter Anda, apakah bisa menukar waktu minum obat tersebut dari sebelum tidur menjadi saat sarapan ?
HORMON PERTUMBUHAN

Sebuah penelitian yang dimuat New England Journal of Medicine tahun 90-an menciptakan kehebohan dengan menunjukkan fakta, pria berumur lebih dari 60 tahun bisa mendapatkan tubuh yang lebih keras, lemak berkurang dan meningkatnya ketebalan kulit, setelah 6 bulan mengkonsumsi hormone pertumbuhan. Suplemen hormone ini dapat menghambat 10 sampai 20 tahun perubahan umur !

Tapi penelitian para ahli di University of California menemukan fakta tambahan. Yaitu : Pria usia 70 tahun yang mengkonsumsi hormone pertumbuhan selama 6 bulan memang mengalami penurunan lemak tubuh hingga 13%, tapi tidak ada tanda perbaikan kekuatan otot dan kemampuan mental. Efek negatifnya, muncul pembengkakan di pergelangan kaki dan kaki bagian bawah, sendiri terasa nyeri, dan tangan menjadi kaku. Suplemen ini juga bisa meningkatkan risiko terkena diabetes dan kanker prostat.

“Hormon pertumbuhan di tubuh Anda mulai mengalami penurunan saat usia Anda 30 tahun,” ulas Prof. Wimpie. Jika Anda ingin awet muda tapi ngeri membayangkan efek samping HRT, coba langkah berikut :

Latihan aerobic yang teratur. “Kami tahu bahwa latihan aerobic jangka pendek dapat merangsang produksi hormone pertumbuhan,” ujar Dr. Blackman. Dan satu penelitian menyebutkan, latihan dalam jangka panjang dapat mempertahankan peningkatannya.
Makan teratur. Tingginya kadar insulin – hormone yang mengatur gula darah, dapat menghalangi produksi hormone pertumbuhan. Untuk menjaga agar insulin tetap stabil, makanlah makanan kecil sepanjang hari.
Semua tips yang kami berikan mungkin terkesan gratisan, tapi uang memang bukan satu-satunya solusi agar Anda tetap awet muda. Tanpa uang terapi Anda lebih aman, lebih alami, dan efektif… tanpa antre lagi. Kenapa tidak ?

TAMBALAN HORMON TESTOSTERON DI KULIT ANDA

Ketika libido Anda turun, energy kurang, dan perut membuncit, Anda langsung terpikir untuk melakukan terapi hormone. Jangan terburu-buru bung…

Ada berbagai macam alas an mengapa Anda mengalami gejala seperti itu, dan rendahnya testosterone berada pada urutan terakhir. Jika Anda menderita gejala klasik ini, temui dokter. Pertama-tama dia akan mencari penyebabnya seperti tidur yang tidak normal, penyakit, sampai masalah kekurangan kebugaran tubuh.

Jika Ia tidak bisa menemukannya, ia akan melakukan pengambilan darah sederhana untuk mengukur kadar testosterone. Testosteron diukur oleh nanogram, dan tingkat normal pada pria muda berkisar antara 300 sampai 1200 nanogram per desiliter darah (ng/dl). Jika Anda berada di bawah angka ini, Anda mungkin kandidat pertama penerima HRT.

Dr. Patriot Muslim sendiri menekankan pentingnya pemeriksaan buah pelir, karena disitulah sumber hormone testosterone. Jika buah pelir Anda bermasalah – terlalu kecil atau rusak, maka mengatasi problem di buah pelir menjadi prioritas utama sebelum penanganan keluhan selanjutnya. Tapi jika Anda tak bisa mengelak dari HRT, maka banyak cara untuk memperolehnya.

Bisa dengan pil, injeksi, susuk di bawah kulit, salep kulit, dan patch. Tergantung jenis mana yang Anda sukai,” tutur Prof. Wimpie. Konon penggunaan patch atau semacam koyo yang ditempelkan di punggung, lengan atas, paha, dan abdomen, dapat mengurangi risiko kerusakan hati. Patch juga sukses mendongkrak hormon testosterone yang kurang dari 100 ng/dl menjadi 500 ng/dl – 600 ng/dl. “Tidak ada pertanyaan, pria merasa 100% lebih baik. Libido mereka meningkat, lebih kompetitif, dan lebih efektif dalam menjalankan bisnis,” ujar ahli dari Harvard, Dr. Richard Spark.

Meski demikian, baik Prof. Wimpie dan Dr. Patriot Muslim sepakat bahwa pemberian hormone harus berada di bawah pengawasan para ahli karena memerlukan indikasi yang benar, dosis yang benar, sekaligus untuk menghindari efek samping.

Postingan Terkait

Leave a Comment