KesehatanTips

5 Tips Untuk Melakukan Perjalanan Jarak Jauh

Ikuti panduan ini untuk mengatasi kelelahan, menghindari nyeri, dan selamat sampai di tujuan – sejauh apapun jaraknya.

BERKENDARA AMAN DAN NYAMAN

Berbarengan dengan musim liburan pertengahan tahun – liburan anak sekolah – harga tiket pesawat atau kereta api pasti naik drastis. Jadi, kalau ingin berlibur, tak ada salahnya jika Anda mempertimbangkan untuk menggunakan mobil – sambil menikmati pemandangan selama di perjalanan. Tapi, jam-jam yang panjang di belakang kemudi dalam perjalanan ke, katakanlah, pantai Kuta, Bali, dapat mendatangkan malapetaka bagi tubuh Anda.

Mau berkendara dengan nyaman dan aman ? Simak tips berikut ini :

1. Punggung

Ketika Anda sedang melakukan perjalanan panjang, postur tubuh Anda tidak lurus. “Sebelum mengemudi, anda perlu memobilisasi punggung bawah dan meregangkan hamstring Anda,” ujar James Milligan, terapis olahraga di Formula Medicine. “Dalam perjalanan dengan mobil, hamstring akan pendek dan bisa menyebabkan nyeri di sepanjang punggung Anda.

2. Bunuh Kantuk

Perhatikan komsumsi kafein agar berada pada tingkat yang rendah. “Anda hanya butuh sejumlah kecil kafein pada perjalanan yang panjang,” tukas Milligan. “Minum terlalu banyak dan terlalu sering membuat Anda pada akhirnya sampai pada kondisi puncak dan… jatuh pada tingkat kelelahan Anda.” Milligan merekomendasikan membuat suatu minuman berenergi dengan air, lemon, teh celup, dan sedikit bubuk glukosa. Minuman ini akan memberikan Anda dosis yang tepat dari kafein dengan energi untuk otak Anda (dari glukosa). Jus lemon akan membantu tubuh Anda menyerap bahan kimia pada minuman.

3. Isi Dengan Teratur

“Kunci untuk konsentrasi adalah dengan memberikan tubuh Anda asupan karbohidrat yang teratur,” saran Milligan. “Anda harus makan setiap dua jam, bukan setiap empat sampai lima jam. “Dan, jangan tergoda oleh rasa kenyang dalam jangka pendek yang diberikan oleh jelly dan cokelat. “Yang manis-manis memang baik untuk menjaga anak-anak agar tetap tenang di kursi belakang, tetapi untuk tetap waspada di kursi depan, Anda sebaiknya mengkonsumsi oat bar atau cereal bar, di mana energi Anda berasal dari buah-buahan kering dan sumber-sumber alami dari gula di dalamnya,” urai Milligan.

4. Cek Kadar Air

Selama lomba rally dan ketahanan seperti Le Mans, pengemudi akan minum sebanyak lima liter air, tegas Milligan. Anda tidak perlu minum air sebanyak itu, setidaknya saat Anda mengunjungi setiap pom bensin atau rest area sepanjang perjalanan untuk beristirahat dengan nyaman. Tapi, AC dapat menyebabkan dehidrasi sehingga melemahkan konsentrasi. “Konsumsi sedikit air secara teratur, antara 150 ml hingga 250 ml per jam,” saran Milligan.

5. Redupkan Lampu

Salah satu saat yang paling sulit untuk berkendara adalah di tengah malam, ketika Anda lelah dan kegelapan menyelimuti penglihatan Anda. Pada perlombaan balap Le Mans 24 jam, driver bertukar tempat setiap 1 jam 40 menit saat mobil berhenti untuk mengisi bahan bakar. Ketika kendaraan melaju di jalan, gunakan untuk tidur selama 2 jam sebelum bergantian lagi agar selanjutnya bisa mengemudi dengan fokus. “Untuk menjaga konsentrasi, itulah waktu yang optimal untuk tidur,” kata Milligan. Dan, jangan makan makanan besar sepanjang malam. “Anda hanya perlu makanan ringan untuk membuat Anda terjaga hingga matahari terbit, “ tegas Milligan.

 

Postingan Terkait

Leave a Comment